Pengenalan SPSS

SPSS (Statistical Product and Service Solution) merupakan program aplikasi yang populer yang dapat digunakan dalam analisa data. Hal ini memudahkan user untuk melakukan perhitungan data. Data yang dahulunya hanya bisa dikerjakan secara manual dengan menggunakan rumusan tertentu kini, dengan hanya sekali klik maka interpretasi data analisa sudah muncul.

Program SPSS merupakan sebuah aplikasi statistik kuantitatif yang dikembangkan di Universitas Stanford dan Universitas Chicago pada tahun 1968. Program SPSS pertama kali dikembangkan oleh seorang profesor ilmu sosial yang bernama Norman Nie dan seorang koleganya bernama C. Hadlai Hull. Pada waktu itu nama SPSS merupakan singkatan dari Statistical Package for the Social Science. Namun, dewasa ini aplikasi SPSS telah digunakan secara luas pada berbagai disiplin ilmu, tidak hanya terbatas untuk ilmu sosial saja. Oleh karena itu, kepanjangan dari SPSS kemudian disesuaikan menjadi Statistical Product and Service Solution. Versi program SPSS pun dari tahun ke tahunnya selalu berkembang dan disempurnakan hingga sampai pada versi 16.0 yang diluncurkan pada bulan Nopember tahun 2007 (Anonim).

Program SPSS menyediakan serangkaian fitur yang memungkinkan user (pengguna) komputer untuk dapat mengatur, menganalisis, memanipulasi dan menampilkan data. Kepopuleran SPSS dewasa ini disebabkan kemampuannya dalam menampilkan banyak angka pada fungsi-fungsi statistik dan kemudian mempresentasikan hasilnya dalam berbagai format termasuk format grafis (www.griffith.edu.au).

Menurut Ghozali (2001, dikutip oleh admin) merupakan suatu software yang berfungsi untuk menganalisis data, melakukan perhitungan statistik baik parametrik maupun non parametrik.

Untuk dapat menggunakan aplikasi SPSS tentunya software SPSS harus sudah terinstall dengan baik di masing-masing PC/notebook yang dimiliki. Masing-masing versi dari aplikasi SPSS mempunyai kelebihan dan kekurangan. Terkadang aplikasi SPSS hanya dapat berjalan di OS window XP. Namun ada juga versi dari SPSS yang dapat berjalan dengan OS window 7. Semua kembali lagi kepada masing-masing user. Anda menggunakan OS apa maka anda juga harus memilih aplikasi SPSS yang sesuai dengan operating system yang anda gunakan.

Sebelum menjalankan SPSS hendaknya anda harus sudah memiliki data mentah yang akan diolah menggunakan aplikasi SPSS. Alangkah baiknya tabulasi data yang anda miliki anda simpan dalam file Ms. Excell dari semua tipe baik yang dikeluarkan oleh windows ataupun yang open office. Hal ini bertujuan untuk memudahkan anda melakukan pengolahan data nantinya.

Secara garis besar, interface SPSS terbagi menjadi 2 yaitu data view dan variable view. Data view merupakan lokasi/tempat untuk memasukkan data yang akan dilakukan analisa, sedangkan untuk variable view merupakan area yang digunakan untuk memberikan keterangan atas masing-masing variable yang dimasukkan. Hal ini secara tidak langsung akan memudahkan user untuk fokus kepada data yang dimiliki karena data yang telah ada dapat segera untuk dilakukan pengolahan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: