Sistem Pembelajaran

Sudah cukup lama saya memberikan materi di perkuliahan kepada mahasiswa. Beragam metode yang coba saya terapkan dan beragam pula respect yang saya terima dari mahasiswa. Hal ini menunjukkan bahwasanya mahasiswa saat ini lebih senang jika mereka diberikan kebebasan untuk mengembangkan dirinya masing-masing. Misalkan saja kita ajarkan mereka “bahwasanya bumi ini bulat”, maka jika kita berikan tugas kepada mahasiswa mengenai bumi yang bulat, akan banyak persepsi yang membenarkan hal tersebut namun ada juga persepsi yang bisa membiaskan bahwasanya bumi itu bulat.

Untuk materi kesehatan, hendaknya seorang dosen ataupun pengajar cukup memberikan mahasiswa sedikit materi. Lontarkan kepada mereka mengenai suatu permasalahan terkait dengan materi yang coba anda sampaikan, maka anda akan mendapatkan beragam masukan dari mahasiswa yang pada akhirnya akan memperluas pengetahuan anda dan mahasiswa. Hal ini merupakan efek metode pembelajaran. Beberapa cara yang sering dilakukan mahasiswa adalah browsing dan surfing di dunia maya mengenai persoalan yang coba anda lontarkan. Mereka juga akan membuka beberapa kajian pustaka terkait dengan masalah yang anda ajukan. 2 manfaat didapatkan dari metode ini.
1.  Pengembangan Materi
materi yang anda sampaikan akan meluas bahkan anda sendiri akan terkagum-kagum dengan hal ini. Materi yang akan anda sampaikan terkadang tidak mungkin bisa sedetail ini mengingat waktu penyampaian materi yang terbatas. Ini merupakan metode yang layak dicoba
2. Pengembangan Pribadi
Seorang mahasiswa yang diberikan suatu tantangan akan menjawab tantangan tersebut dengan sepenuh kemampuan. Saya pernah coba lontarkan suatu topik kepada mahasiswa dan terkadang itu pula saya kagum dengan kemampuan yang dimiliki mahasiswa. Materi yang coba untuk diungkapkan melebihi kemampuan yang saya miliki. Saat itu saya merasa menjadi orang yang paling bodoh karena ketidaktahuan yang saya miliki. Namun dilain pihak saya terbantu karena adanya proses transfer informasi dari mahasiswa.

Metode baru ini seringkali disebut sebagai PBL (Problem Based Learning) dengan sistem SCL (Student Centered Learning). Pembelajaran akan dirasa semakin menjemukan apalagi jika topik yang dibahas hanya itu-itu saja, disampaikan secara monoton dan dengan menggunakan slide apa adanya. Cobalah untuk menerapkan IT yang benar-benar IT dalam setiap pembelajaran. Anda akan mendapatkan ilmu, anda akan mendapatkan respect dari mahasiswa dan anda akan menjeadi seorang motivator bagi mahasiswa.

Comments are closed.

%d bloggers like this: